Wirausaha Adalah Solusi Untuk Penghasilan Lebih Baik

Kebutuhan manusia jelas bakal terus bertambah dan itu jelas menuntut kita harus mempersiapkan diri sedini mungkin agar minimal terpenuhi. Nah, bagi kita yang masih menjadi karyawan, tentu harus berpikir ulang, mengingat kemampuan kerja yang total di sebuah perusahaan terkadang hanya dibatasi oleh gaji. Di sisi lain, kenaikan gaji seringkali tak sebanding dengan naiknya harga kebutuhan pokok apalagi yang tak terduga seperti urusan biaya sekolah anak.

Tak mengherankan kini banyak karyawan yang merintis wirausaha, bukan hanya itu di tahun 2012 ini diprediksi bakal terjadi booming resign yang mencapai 40% lantaran ingin membangun usaha. Apalagi dengan perkembangan zaman, saat ini segala sesuatu termasuk informasi mudah didapat. 

Nah, banyak orang ketika akan memulai berwirausaha terbentur pada pemikiran tidak adanya modal. Benar modal merupakan faktor penting dalam berwirausaha, tetapi perlu diketahui bahwa modal usaha tidak semata-mata berupa materi. Materi hanyalah modal pendukung nomor sekian. Bahkan Bob Sadino, pengusaha ternama menyebut modal bukan semata benda atau uang, tapi ada berbagai hal yang tak terlihat, yang itu justru akan menjadi peran utama saat memutuskan berwirausaha yakni :

Kemauan
Seorang enterpreneur harus memiliki kemauan yang kuat dalam menjalankan usahanya. Kemauan adalah dasar untuk sukses dalam berwirausaha, kita harus yakini itu.

Bulatkan tekad
Tanpa tekad yang bulat seorang enterpreneur mudah goyah manakala mengalami riak-riak dan cobaan dalam menjalankan usahanya. Maka seorang enterpreneur harus memiliki modal usaha berupa tekad yang bulat dan berpegang teguh pada tekad tersebut.

Berani mengambil peluang
Keberanian merupakan modal awal bagi seorang enterpreneur, enterpreneur merupakan orang-orang pemberani dalam mengambil peluang yang ada di depanya. Selain itu seorang enterpreneur harus berani memulai usaha untuk menangkap peluang-peluang yang ada di depan mata.

Jangan cengeng dan tahan banting
Orang sukses bukanlah orang yang tak pernah gagal, tetapi orang yang bisa bangkit dari kegagalan. Maka Modal sikap tidak cengeng dan tahan banting sangat penting bagi enterpreneur.
Nah, bila sudah ada niat tapi belum berani melangkah, maka pastikan berpikir ulang. Mintalah saran atau petunjuk pada orang yang bergelut di wirausaha termasuk restu keluarga. Namun yang pasti beberapa modal diatas wajib dimiliki, jika belum maka segera bangun modal non uang dan benda diatas. (ian) 

Source : http://koransolo.com/metro/lifestyle/451-mau-lebih-baik-jangan-takut-wirausaha

Artikel Lainnya