Suatu usaha/bisnis dapat berjalan karena didukung
oleh berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain. Masing–masing
komponen mempunyai peran penting . Mulai dari kekuatan Sumber Daya
Manusianya, permodalan, bahan baku dan sebagainya. Namun yang perlu kita
ingat bahwa suatu kegiatan bisnis tidak akan terlepas dari yang namanya
pemasaran. Sehingga pada prinsipnya bisnis dapat terbentuk, berjalan,
bertahan dan berkembang didukung oleh adanya pemasaran yang bagus.
Secara mudahnya meskipun kita dapat menghasilkan produk yang
berkualitas tinggi dengan jumlah yang besar sekalipun apabila dari sisi
pemasarannya lemah, kelebihan dan kekuatan yang kita miliki tidak akan
terserap oleh pasar secara maksimal meskipun pemintaan atas produk
tersebut tinggi. Dalam dunia bisnis, tingkat persaingan yang terjadi
cukup tinggi sehingga dengan kualitas produk yang sama untuk memperoleh
porsi yang besar dalam penyerapan pasar adalah pihak yang memiliki
strategi dan kekuatan pemasaran yang lebih unggul. Dengan begitu antara
pemasaran dan bisnis memiliki hubungan yang saling mengikat. Ketiadaan
unsur yang satu akan menggugurkan eksistensi unsur lainnya
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai suatu titik
permintaan atas tersedianya suatu produk barang atau jasa sehingga pada
intinya terkait dengan tingkat permintaan. Tingkat kebutuhan konsumen
mengerucut pada yang namanya pemasaran. Pada akhirnya, tingginya angka
pemasaran maka makin banyak pula permintaan dari konsumen.
Keberhasilan suatu usaha dalam dunia bisnis sangat
terkait dengan pengembangan pemasaran. Dengan asumsi semakin
berkembangnya pasar yang dikuasai, maka makin banyak pula angka
penjualan. Terkait dengan masalah pemasaran pada prinsipnya ada beberapa
hal yang menjadi dasar dalam melakukan pengembangan pasar.
Pada artikel ini saya akan mencoba mengetengahkan mengenai masalah
Harga Jual produk sebagai salah satu komponen penentu pengembangan pasar
bisnis Anda.
Kiat Menentukan Harga Jual produk
Sudah menjadi rahasia umum dan merupakan salah satu
kata kunci dalam pemasaran, bahwa harga murah merupakan daya tarik
terbesar atas terserapnya suatu produk. Itulah kebiasaan pasar yang
tidak bisa Anda bantah. Untuk itu, peranan harga jual dalam mendapatkan
pasar memiliki pengaruh yang cukup besar. Selanjutnya, bijaklah dalam
menentukan harga dari suatu komoditas. Jangan sampai harga tersebut
melampaui harga eceran tertinggi (HET) di suatu daerah. Hal tersebut
dapat mengakibatkan produk Anda sulit terjual dan usaha Anda tidak mudah
untuk memperoleh pelanggan. Akibat lain yang dapat ditimbulkan adalah
Anda dapat berurusan dengan pihak yang berwajib, disebabkan penentuan
harga yang Anda lakukan tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Tentu saja Anda tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan!
Oleh karena penentuan harga memiliki peranan yang
sangat penting dalam peningkatan penjualan, buatlah kesan bahwa produk
Anda merupakan produk berkualitas serta produk yang memahami kebutuhan
dan situasi konsumen. Misalnya saja, pada saat perusahaan lain menaikkan
harga maka Anda memberikan potongan harga untuk pembelian produk dengan
jumlah tertentu. Atau belaku juga kondisi sebaliknya, di saat
perusahaan lain memberi diskon tetapi Anda justru menaikkan harga. Dalam
hal ini yang kita tonjolkan adalah segi mutu dan kualitas produk.
Dengan begitu konsumen akan percaya bahwa produk Anda merupakan
komoditas yang berkualitas.
Dalam menentukan harga jual, ada beberapa parameter
yang harus dicermati agar kualitas produk bisa dipertahankan atau bahkan
ditingkatkan sedangkan dari harga penjualan usaha tersebut tidak
mengalami kerugian bahkan mendapatkan keuntungan, strateginya adalah :
Ÿ Untuk mendapatkan harga modal awal (bahan baku)
yang rendah/murah didapat dengan cara membeli langsung dari produsen
atau membuat produk sendiri. Dengan demikian kita bisa mendapatkan
kisaran harga yang tidak terlalu tinggi dibanding para pesaing.
Ÿ Strategi berikutnya adalah sebaiknya jangan terlalu
tinnggi/besar dalam menentukan tingkat keuntungan bagi perusahaan. Hal
ini dapat disiasati dengan cara menjual dengan kuantitas yang banyak.
Ÿ Hendaknya harga yang ditawarkan kepada konsumen cukup kompetitif dengan harga produk pesaing.
Ÿ Lakukan efisiensi dan efektifitas biaya operasional sehari-hari untuk menekan biaya produksi.
Sebagai strategi pemasarannya, Anda dapat
memanfaatkan hubungan kekerabatan dan pertemanan untuk memperluas
jaringan pemasaran. Sebagai imbal baliknya, Anda dapat melakukan
pembagian keuntungan sesuai dengan kesepakatan besama.