Orang Indonesia Sudah Mulai Gila Berbelanja Online


Benarkah masyarakat Indonesia sudah gila belanja online saat ini? Setidaknya fakta itulah yang dicermati situs raksasa toko online / e-commerce eBay. Mereka mencatat, setidaknya dari seluruh transaksi jual beli online yang terjadi di market eBay seluruh dunia, 17% di antaranya datang dari Indonesia.

Senior Vice President eBay Asia Pasifik Jay Lee mengatakan, Indonesia jelas adalah pasar potensial untuk sektor e-commerce, seiring semakin meningkatnya jumlah pengguna internet yang menunjukkan perekonomian dalam negeri yang semakin baik.

Itulah mengapa eBay pun tidak ragu-ragu melakukan ekspansi bisnisnya ke Indonesia. Raksasa e-commerce ini pun memilih Telkom sebagai rekan bisnisnya, dan sepakat untuk mendirikan perusahaan patungan bernama PT MetraPlasa.

"Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual beli produk ke seluruh dunia, di manapun dan kapanpun mereka inginkan," kata Jay Lee.

"Pada 2011 ada 17% transaksi yang berasal dari Indonesia," paparnya lebih lanjut di sela penandatanganan kerja sama bersama Telkom di Jakarta, Senin (16/4/2012).

Jay meyakini relasi yang kuat antara Telkom dengan pelanggannnya di seluruh Indonesia, dan pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform online market yang dimilikinya, akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di Indonesia.

Menurut Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah, ketertarikan eBay terhadap Telkom bersama Metra dan Plasa.com tak bisa dilepaskan dari basis pelanggan mobile yang dimiliki perusahaan perseroan sebesar 120 juta pelanggan itu. 

"eBay akan masuk ke pasar mobile commerce. Kekuatan Telkom grup dengan basis pelanggan yang besar menjadi daya tarik bagi mereka," ungkapnya.


Sumber:detikinet

Artikel Lainnya