Benarkah masyarakat Indonesia sudah gila
belanja online saat ini? Setidaknya fakta itulah yang dicermati situs
raksasa toko online / e-commerce eBay. Mereka mencatat,
setidaknya dari seluruh transaksi jual beli online yang terjadi di
market eBay seluruh dunia, 17% di antaranya datang dari Indonesia.
Senior
Vice President eBay Asia Pasifik Jay Lee mengatakan, Indonesia jelas
adalah pasar potensial untuk sektor e-commerce, seiring semakin
meningkatnya jumlah pengguna internet yang menunjukkan perekonomian
dalam negeri yang semakin baik.
Itulah mengapa eBay
pun tidak ragu-ragu melakukan ekspansi bisnisnya ke Indonesia. Raksasa
e-commerce ini pun memilih Telkom sebagai rekan bisnisnya, dan sepakat
untuk mendirikan perusahaan patungan bernama PT MetraPlasa.
"Kami
sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan
pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang
ingin melakukan transaksi jual beli produk ke seluruh dunia, di manapun
dan kapanpun mereka inginkan," kata Jay Lee.
"Pada
2011 ada 17% transaksi yang berasal dari Indonesia," paparnya lebih
lanjut di sela penandatanganan kerja sama bersama Telkom di Jakarta,
Senin (16/4/2012).
Jay meyakini relasi yang
kuat antara Telkom dengan pelanggannnya di seluruh Indonesia, dan
pengalaman eBay di pasar internasionalnya serta platform online market
yang dimilikinya, akan mendorong peningkatan aktivitas e-commerce di
Indonesia.
Menurut Direktur Utama Telkom
Rinaldi Firmansyah, ketertarikan eBay terhadap Telkom bersama Metra dan
Plasa.com tak bisa dilepaskan dari basis pelanggan mobile yang dimiliki
perusahaan perseroan sebesar 120 juta pelanggan itu.
"eBay
akan masuk ke pasar mobile commerce. Kekuatan Telkom grup dengan basis
pelanggan yang besar menjadi daya tarik bagi mereka," ungkapnya.
Sumber:detikinet