Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati, bahkan
bisnis ini terus berkembang pesat seiring dengan permintaan konsumen
yang terus bertambah. Terlebih lagi, peminat sajian kuliner yang terus
memburu tempat-tempat kuliner yang unik dan menarik membuat para
pebisnis kuliner bersaing ketat di dalam bisnis ini.
Usaha kuliner akan tetap berjalan dengan lancar sebab produk yang di
jual merupakan kebutuhan “perut” yang harus dipenuhi setiap saat oleh
manusia. Usaha kuliner ini bisa dijalankan dengan beberapa kelas yaitu
dari pedagang kaki lima, warung tenda, cafe, rumah makan, hingga
restoran.
FAKTOR-FAKTOR YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENDIRIKAN USAHA KULINER :
1. Lokasi (tempat mendirikan usaha) ; lokasi usaha merupakan faktor
yang paling berpengaruh bagi kelangsungan bisnis kuliner, tempat seperti
sekolah, perkantoran, perumahan, dan tempat keramaian lainnya adalah
pilihan lokasi yang tepat untuk dijadikan lokasi usaha kuliner.
2. Rasa dan Cara Penyajian; cita rasa juga merupakan faktor penting
lainnya dalam bisnis kuliner. Tidak ada salahnya kita melakukan uji coba
rasa makanan yang kita buat pada beberapa orang terdekat. Setelah itu
kita minta pendapat mereka baik rasa maupun penampilannya. Dengan begitu
kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan kita.
3. Keunikan; adalah ciri khas baik dari segi ukuran produk,
pelayanan, nama makanan, penyajian, promosi, kostum, hingga nama tempat
usaha.
4. Harga; harga hendaknya berbeda, disesuaikan dengan tempat
usaha,pelayanan yang diberikan kepada customer dan target pasar.
Sehingga customer merasa puas dan tidak di rugikan.
5. Promosi; promosi yang paling efektif dan tidak mengeluarkan banyak
biaya adalah promosi dari “mulut ke mulut”. Untuk itu, keunikan suatu
usaha kuliner sangat diperlukan agar dapat menarik minat para customer.
Source : http://peluangusahaoke.wordpress.com/2009/03/04/bisnis-yang-nggak-ada-matinya/