Usaha Untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen

APA yang akan Anda lakukan jika anda ingin membuka suatu bisnis, namun ternyata sudah ada beberapa kompetitor besar yang telah memiliki track record tepercaya, dan telah memiliki banyak konsumen?

Dan bukan hanya itu, modal yang dimiliki kompetitor juga jauh lebih besar dari pada modal anda? Apakah Anda akan langsung mundur? Dan tidak jadi membuka bisnis yang Anda inginkan? Ataukah Anda justru merasa “tertantang” untuk bisa membuka bisnis yang mempunyai kualitas yang dahsyat sehingga bisa bersaing dengan para kompetitor yang sudah ada? Dan selanjutnya bisa memiliki bisnis yang sukses dengan konsumen yang banyak dan setia? Baru–baru ini Indonesia kedatangan seorang pengusaha yang dahsyat, Richard Branson. Mungkin dari Anda ada yang belum mengetahui siapa beliau itu. Beberapa tahun lalu, saya telah mengenal profil Richard Branson yang begitu dahsyat.

Betapa tidak, meskipun pada saat ia memulai bisnis penerbangannya –Virgin Atlantic, ternyata sudah ada beberapa pesaing raksasa yang sangat besar, di antaranya British Airways yang telah memiliki ratusan pesawat terbang. Apa yang dilakukan oleh Richard? Apakah ia langsung mundur karena sudah ada beberapa perusahaan sejenis yang sangat besar? Bagi orang pada umumnya, bisa saja akan berpikir atau merasa tidak mungkin nantinya untuk bisa bersaing dengan kompetitor raksasa yang sudah ada, yang telah terbukti benar–benar sangat luar biasa dalam menjalankan bisnisnya.

Namun, Richard justru memutuskan untuk mengambil kesempatan dan terus berusaha untuk memulai bisnis penerbangannya, maka lahirlah Virgin Atlantic yang siap berkompetisi dengan para “raksasa” penerbangan yang sudah ada. Dan ternyata sekarang ini Virgin Atlantic bisa menjadi salah satu maskapai penerbangan yang sangat patut diperhitungkan keberadaannya. Salah satu yang dilakukan oleh Richard Branson adalah selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal dan bersama-sama dengan timnya senantiasa melayani para konsumen dengan sepenuh hati.

Bahkan, tidak jarang memberikan sesuatu melebihi apa yang diharapkan oleh konsumen pada umumnya. Sebagai contohnya, Richard terkadang turun langsung untuk menyapa konsumen, memberikan perhatian kepada mereka, dan lewat timnya memberikan pelayanan yang terbaik, makanan kelas satu yang berkualitas, minuman berkelas, bahkan pijatan untuk penumpangnya.Tentu saja dikombinasikan dengan berbagai teknik publisitasnya yang sangat dahsyat. Dan begitu seterusnya. Richard Branson senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik dan nilai tambah yang luar biasa kepada konsumen untuk berbagai perusahaannya yang lainnya pula.

Sehingga perusahaan-perusahaannya pun bisa semakin besar dan semakin banyak pula konsumennya yang setia. Seperti yang ada dalam buku Marketing Revolution, saya juga telah mempraktikkan bagaimana agar kita bisa membuka bisnis yang dahsyat dan memiliki konsumen yang setia. Meskipun pada saat pertama saya mau membuka sebuah toko buku, sebenarnya sudah ada beberapa toko buku yang besar, bukan hanya besar modalnya, tapi juga sudah memiliki pangsa pasar yang luas. Mungkin bagi orang lain akan mengatakan, “Wah berat kalau kita mau membuka toko buku… karena kompetitor kita jauh lebih besar dan sudah banyak pengalaman, ditambah sudah banyak konsumennya. Pasti akan susah nantinya.”

Maka tidak jarang kita lihat, banyak orang sudah menyerah sebelum ia mewujudkan impiannya. Namun bagi saya, hal tersebut sebenarnya justru merupakan suatu tantangan sekaligus kesempatan supaya saya bisa mempunyai suatu bisnis yang memiliki banyak konsumen, bukan hanya konsumen biasa, namun banyak konsumen yang setia, dan bisa bertahan lama. Kini, toko buku saya dan berbagai bisnis lainnya yang saya miliki bisa menjadi dahsyat luar biasa perkembangan dan hasilnya. Karena salah satu prinsip saya adalah ketika kita membuka suatu bisnis, dan berani menjual dengan sepenuh hati, memberikan nilai tambah dan manfaat yang luar biasa dibanding yang lainnya secara terus menerus,maka tentunya konsumen akan senang dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Dan selanjutnya, jika kita senantiasa memberikan segala sesuatunya dengan dahsyat,maka kita akan memiliki banyak konsumen yang setia, yang tentunya juga bisa mendukung perkembangan bisnisbisnis kita menjadi lebih dahsyat.(*)

Artikel Lainnya