Ini Dia Usaha Yang Membutuhkan Modal Kecil

Usaha Modal Kecil – Kendala bagi sebagian orang yang ingin memulai bisnis adalah masalah permodalan. Banyak yang memang berfikir seperti itu. Padahal sebenarnya kendala utama dalam memulai bisnis itu adalah kemauan, karena sesungguhnya modal itu bisa dicari, asal kita punya kemauan. 

Tapi, tetap tidak bisa dipungkiri bahwa memulai usaha kecil modal kecil itu pastilah memerlukan modal materi juga. Yang perlu disiasati agar bisnisnya segera dibuka adalah dengan membuka usaha modal kecil. Tapi usaha modal kecil pun itu relatif. Ada yang bilang modal dibawah 10 juta itu baru bisa dibilang usaha modal kecil, tapi ada juga yang bilang dibawah 1 juta atau 500 ribu itu baru bisa dibilang usaha modal kecil.
Ya, untuk masalah permodalan ini memang sangat relatif. Bagi seseorang yang sudah mempunyai penghasilan rutin 3 juta per bulan, 10 juta mungkin terlalu besar. Tapi bagi seseorang yang sudah mempunyai penghasilan 20-40 juta per bulan, 10 juta bisa lah di anggap sebagai usaha modal kecil.

Menurut saya, usaha modal kecil harus dilihat dari beberapa aspek. Misalnya dari modalnya itu sendiri, atau dari biaya operasionalnya.

Ilustrasi Usaha Modal Kecil

Relatifitas kecil atau besarnya modal tentu harus ada dua objek yang harus dibandingkan. Misalnya:

Anda ingin berjualan baju…

Pilihan pertama, anda menyewa kios di pinggir jalan untuk memajang baju-baju yang akan Anda jual. Untuk biaya sewa kios diperkirakan antara 5-15 juta per tahun. Belum lagi untuk biaya renovasi ruangan. Totalnya mungkin bisa sampai 10-20 juta untuk modal awalnya saja.

Pilihan kedua, Anda membeli domain dan menyewa hosting untuk keperluan toko online Anda. Untuk biaya domain dan hosting diperkiraan antara 200-300 ribu per tahun. Dan anggap saja Anda tidak mengerti cara membuat toko online, untuk itu Anda mengeluarkan biaya lagi untuk jasa pembuatan toko online sebesar 500 ribu sampai 1,5 juta. Jadi total modal awal yang diperlukan adalah sekitar 800 ribu sampai 1,8 juta. Akan lebih rendah lagi modal awalnya seandainya Anda bisa membuat toko online sendiri.
Ilustrasi diatas belum ditambah modal untuk beli baju ya…

Nah, Apabila Anda memang ingin mencari usaha modal kecil, yang Anda pilih tentunya pilihan kedua, bukan ?

Dari ilustrasi diatas, jelas bahwa usaha modal kecil atau usaha yang modalnya relatif kecil adalah usaha yang di-online-kan, atau kita sebut saja sebagai bisnis online.

Jadi apa sih usaha yang modalnya kecil ? Salah satu jawabannya adalah bisnis online atau usaha yang di-online-kan. Setujukah Anda ?

Source: http://zaidshibghatallah.blogspot.com/2011/11/bisnis-dengan-modal-kecil.html
Klik Like Untuk Mendapatkan Update Informasi Tentang Usaha Dan Bisnis Melalui Facebook:

Artikel Lainnya