Tips Dan Kiat Sukses Beternak Puyuh

mungkin saya ada saran sedikit. kalau bapak ada minat berternak puyuh perlu diperhatikan banyak faktor. apalagi sistem bagi hasil artinya kita mencari mitra yang amanah.


1. ketersediaan bibit yang berkualitas (bibit mahal bukan jaminan, saran harga pasaran saat ini sktr Rp 6000- Rp7500 per ekor.

2. ketersedian pakan secara kualitas dan kuantitas, mungkin dekat dengan pabrik pakan atau sumber bahan baku pakan

3. ketersediaan pemasaran, mungkin lokasi ternak dg pemasaran diusahakan dekat jarak tempuhnya. hal ini penting karena produk telur puyuh adalah yang mudah rusak. Jabotabek menurut saya adalah penyerapan telur puyuh yang potensial. Kalau perlu kita adakan ekspor telur puyuh ke timur tengah. Kami sedang memikirkan hal tersebut, kini lagi proses kelengkapan persyaratan seperti COO (certificate Of Originale), bebas salmonella, bebas residu antibiotika, grade (bobot) dll.

4. social budaya dan kebijakan pemerintah. Ada daerah tertentu secara social tidak menerima ada nya lokasi peternakan dan ada juga soal kebijakan pemerintah tidak ada ijin mendirikan usaha peternakan.

5. Sumberdaya manusia, didalamnya ada pekerja yang mampu dan mau menjalankan proses budidaya, pemilik juga harus mempunyai jiwa kewirausahaan artinya bukan sekedar punya modal terus investasi. Tapi memperhatikan resiko lainnya. Karena di perpuyuhan kalau ada wabah dalam 1 minggu bisa lenyap uang ratusan juta.
Sekian pendapat dan saran saya, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya