Cara Mengoptimalkan Sarana Promosi Online Efektif

Ada begitu banyak cara, sarana dan jalan melakukan promosi di Internet. Anda mungkin telah banyak memanfaatkan berbagai macam sarana promosi tersebut. Bijaksanalah memanfaatkan alat promosi online. Biarpun gratis tapi kalau tidak efektif dan menghasilkan, bisa-bisa berarti anda telah menyia-nyiakan waktu, tenaga dan uang untuk biaya akses internet.

1. SEARCH ENGINE ATAU MESIN PENCARI

Mendaftarkan situs ke Search Engine merupakan cara promosi paling awal yang harus di lakukan. Semua pengguna internet mempergunakan Search Engine untuk mencari apa saja yang ada di internet. Jika Anda belum mendaftarkan situs Anda ke Search Engine, daftarkan situs anda sekarang juga. Search Engine bisa mendatangkan hingga 60% dari semua penggunjung di Situs anda jika situs anda bisa menempati rangking 10 besar dari hasil pencarian keyword situs anda di Search Engine populer seperti Yahoo.com atau Google.com.

Jika situs anda hanya untuk pengguna Internet dalam negeri maka situs anda sebaiknya juga di daftarkan ke berbagai situs Search Engine Nasional yang populer seperti www.searchindonesia.com , www.indocenter.co.id , www.catcha.co.id , www.jagad.com, dan www.naver.co.id.

Saat ini ada puluhan ribu Situs Search Engine di seluruh dunia tapi Anda tidak perlu mendaftarkan situs Anda ke semua Situs Search Engine. Yang terpenting daftarkan Situs Anda ke Situs Search Engine yang paling banyak penggunanya seperti www.XXXXX.com, www.lycos.com , www.excite.com , www.altavista.com , www.infoseek.com , www.lycos.com , www.excite.com , www.webcrawler.com , dan www.hotbot.com.

2. VIRAL MARKETING

Viral marketing adalah konsep marketing yang meniru kerja virus komputer yang bisa bekerja sendiri, menyebar dengan cepat dan secara otomatis menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. Itulah sebabnya viral marketing juga di namai dengan traffic virus. Bedanya jika virus komputer sangat merugikan bagi pihak yang terkena maka viral marketing justrus sama-sama menguntungkan baik oleh orang yang menyebarkannya dan juga oleh orang yang terkena traffic virus ini yang juga akan dengan senang hati menyebarkannya. Viral marketing atau traffic virus merupakan konsep "win win solution".

"Konsep dasar Viral Marketing adalah mengijinkan orang lain untuk mengunakan produk Anda secara gratis, produk anda ini bisa berupa ebook, artikel, sofware komputer, software game, ecard, dan lain sebagainay, dan selanjutnya pengguna produk anda tersebut anda perbolehkan atau kalau perlu Anda minta untuk memberikannya ke orang lain dan seterusnya secara berantai dengan maksud untuk melipatgandakan pemasaran anda lebih cepat melalui internet. Ide di belakang viral marketing adalah dengan mengikutsertakan iklan anda pada produk gratisan anda yang bisa dimiliki atau dipakai orang lain yang juga akan dengan senang hati akan menyebarluaskannya ke orang lain."

Dengan viral marketing promosi terjadi secara otomatis bahkan tanpa sepengetahuan Anda. Contoh Viral marketing adalah e-Books, web hosting gratis, tell a friends scripts, affiliate program atau downline, software komputer dan game, dan artikel.

3. IKLAN BARIS JARINGAN

Iklan Baris Jaringan merupakan salah satu cara promosi yang sangat efektif, ampuh dan cerdas. Contoh Iklan Baris Jaringan adalah Bisnis Iklan.com di http://www.bisnisiklan.com Untuk memanfaatkan layanan ini anda memang harus mengeluarkan biaya Rp 50.000,- sekali untuk selamanya. Ada begitu banyak situs iklan baris yang gratis tapi kenapa yang ini tidak gratis. Ini seperti investasi saja dimana seseorang mau mengeluarkan sebagian uangnya untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.

Fakta, ada begitu banyak alat promosi online yang gratis tapi kenapa hanya sedikit orang yang sukses dalam menjalankan internet marketing. Ternyata karena alat promosi online yang gratis biasanya memang tidak efektif dan tidak efisien. Sedangkan alat promosi online yang berbayar jelas sangat efektit, efisien dan akan menghasilkan keuntungan 1000 % lebih banyak di bandingkan alat promosi online sejenis yang gratis.

4. E-MAIL MARKETING
Berpromosi lewat e-mail merupakan salah satu cara promosi yang fektif dan efisien. Melakukan promosi lewat e-mail biasanya memanfaatkan sarana Maling list atau Safelist. Anda bisa menemukan berbagai macam mailinglist mulai dari yang beranggotakan puluhan orang hingga ribuan orang di Yahoogroups, http://groups.XXXXX.com carilah milis yang anda maksud dengan memasukan keyword nya di form pencarian.

Maling list atau safelist adalah kelompok email address dari orang-orang yang bergabung dan setuju untuk menerima email dari anggota lain dan mengirim email ke anggota lain. Setiap member Mailing list atau safelist memiliki dan membutuhkan sebuah produk dan jasa atau informasi Sehingga mereka adalah calon konsumen potensial bagi bisnis anda.

Berbeda dengan SPAM, maka para member Safelist merupakan orang orang yang mengijinkan kiriman e-mail promosi dan bahkan membutuhkan informasi tersebut. E-mail marketing merupakan jenis Direct marketing yang paling murah, efektif dan efisien.

Artikel Lainnya