Memahami Keinginan Konsumen Meningkatkan Penjualan

Seorang pemasar yang handal adalah seorang yang mengerti dan paham arti dari memahami konsumen, bukan sebagai sebuah kewajiban semata, tapi mereka memandang lebih dari itu, yakni sebuah kebutuhan dasar.
 
Profesi ini tidak akan menjadi hebat atau hanya menjadi profesi yang biasa-biasa saja jika mereka yang berada pada profesi ini kurang memahami tentang konsumen.

Beberapa pertanyaan dasar yang penting untuk diketahui sebagai landasan dalam memahami konsumen yaitu:
1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
2. Mengetahui apa selera konsumen
3. Bagaimana konsumen mengambil keputusan

Di zaman teknologi informasi yang semakin canggih ini, para pemasar yang kreatif memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk bisa mendalami apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Cara-cara yang mereka gunakan sangatlah bervariasi, mulai dari yang legal sampai illegal, dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang minta izin sampai yang menjebak, dari software yang bersih sampai software yang mengandung malware. mereka memancing calon konsumen dengan misalnya memberikan materi-materi yang diinginkan konsumen misalnya software freeware, adware, artikel dan lain-lainnya, akan tetapi mereka tidak memberikannya gratis secara total. Biasanya calon konsumen akan memberikan beberapa catatan / informasi yang dibutuhkan sebelum mereka mendapatkan materi yang ditawarkan. Begitulah salah satu trik para pemasar mendapatkan informasi dari calon konsumen. Mereka menggunakan informasi itu baik untuk diri sendiri maupun untuk dijual kepada orang lain.

Contoh lain yang paling ekstrim adalah misalnya: para pemburu informasi konsumen ini memasang link yang sangat menarik (misalnya tentang sesuatu yang sendang tren, atau sesuatu yang membuat orang penasaran dan seterusnya). Akan tetapi link ini ternyata adalah sebuah jebakan yang jika diklik (diikuti) maka tanpa sengaja dan tanpa sepengetahuan dari calon konsumen, telah memberikan izin untuk menginstal software malware. Software ini men-generate / mengintai perilaku dari konsumen dalam mencari informasi di internet dengan menggunakan browser. Software ini secara cerdas menampilkan iklan dari sponsor sesuai dengan tema informasi yang sedang di-browse oleh calon konsumen. Begitulah salah satu contoh cara kotor mendapatkan informasi dari calon konsumen dengan menjebaknya.

Dari sini kita mengetahui betapa penting dan sangat berharganya informasi mengenai perilaku konsumen ini, sampai-sampai para pemburunya menggunakan cara-cara illegal atau kotor dalam mendapatkannya.

Source : http://bajirul.wordpress.com/2010/06/07/arti-penting-memahami-keinginan-konsumen/

Artikel Lainnya