Seorang pemasar yang handal adalah seorang yang mengerti dan paham
arti dari memahami konsumen, bukan sebagai sebuah kewajiban semata, tapi
mereka memandang lebih dari itu, yakni sebuah kebutuhan dasar.
Profesi ini tidak akan menjadi hebat atau hanya menjadi profesi yang
biasa-biasa saja jika mereka yang berada pada profesi ini kurang
memahami tentang konsumen.
Beberapa pertanyaan dasar yang penting untuk diketahui sebagai landasan dalam memahami konsumen yaitu:
1. Mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen
2. Mengetahui apa selera konsumen
3. Bagaimana konsumen mengambil keputusan
2. Mengetahui apa selera konsumen
3. Bagaimana konsumen mengambil keputusan
Di zaman teknologi informasi yang semakin canggih ini, para pemasar
yang kreatif memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi untuk bisa
mendalami apa sebenarnya yang diinginkan konsumen. Cara-cara yang mereka
gunakan sangatlah bervariasi, mulai dari yang legal sampai illegal,
dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang minta izin sampai yang
menjebak, dari software yang bersih sampai software yang mengandung
malware. mereka memancing calon konsumen dengan misalnya memberikan
materi-materi yang diinginkan konsumen misalnya software freeware,
adware, artikel dan lain-lainnya, akan tetapi mereka tidak memberikannya
gratis secara total. Biasanya calon konsumen akan memberikan beberapa
catatan / informasi yang dibutuhkan sebelum mereka mendapatkan materi
yang ditawarkan. Begitulah salah satu trik para pemasar mendapatkan
informasi dari calon konsumen. Mereka menggunakan informasi itu baik
untuk diri sendiri maupun untuk dijual kepada orang lain.
Contoh lain yang paling ekstrim adalah misalnya: para pemburu
informasi konsumen ini memasang link yang sangat menarik (misalnya
tentang sesuatu yang sendang tren, atau sesuatu yang membuat orang
penasaran dan seterusnya). Akan tetapi link ini ternyata adalah sebuah
jebakan yang jika diklik (diikuti) maka tanpa sengaja dan tanpa
sepengetahuan dari calon konsumen, telah memberikan izin untuk
menginstal software malware. Software ini men-generate / mengintai
perilaku dari konsumen dalam mencari informasi di internet dengan
menggunakan browser. Software ini secara cerdas menampilkan iklan dari
sponsor sesuai dengan tema informasi yang sedang di-browse oleh calon
konsumen. Begitulah salah satu contoh cara kotor mendapatkan informasi
dari calon konsumen dengan menjebaknya.
Dari sini kita mengetahui betapa penting dan sangat berharganya
informasi mengenai perilaku konsumen ini, sampai-sampai para pemburunya
menggunakan cara-cara illegal atau kotor dalam mendapatkannya.
Source : http://bajirul.wordpress.com/2010/06/07/arti-penting-memahami-keinginan-konsumen/