Usaha Jasa Penitipan Anak Dengan Keuntungan Selangit

Anak adalah anugerah dari Tuhan yang tak ternilai yang dilimpahkan kepada kita. Anda tentu setuju, begitu juga dengan saya, bahwa mempercayakan anak untuk diasuh kesembarang orang terlalu riskan dan penuh resiko. Kalaupun kita harus menitipkan anak, kita perlu tahu betul mengetahui bagaimana keterampilan dari seseorang yang akan kita titipi anak kita. Sudah menjadi trend di kota-kota besar, pasangan suami istri muda bekerja. Untuk pasangan muda yang sudah memiliki anak, tentu saja sulit untuk mengatur bagaimana mereka mengasuh dan menitipkan anak. Dengan seringnya terjadi penculikan anak yang dilakukan oleh pembantu maupun baby sitter (walaupun tidak semua dan hanya terjadi dalam beberapa kasus), menitipkan anak di tempat penitipan anak merupakan satu pilihan.
A.  Modal dasar:
•     Pengetahuan dasar tentang mengasuh anak.
•    Alat bermain anak yang bisa disesuaikan dengan usia anak. Untuk mendatangkan berbagai peralatan ini dibu-tuhkan biaya yang sangat relatif, bisa kecil atau besar ter-gantung jenis permainan yang disediakan. Untuk awal, kira-kira peralatan itu bisa didatangkan dengan biaya se-kitar Rp 3 jutaan. Perhitungkan juga biaya yang dike-luarkan untuk makanan kebutuhan anak atau susu anak.
•     Sewa baby sitter atau pengasuh anak. Jika perlu, sewa juga ahli atau psikolog anak-anak. Untuk keperluan ini, memang membutuhkan biaya ekstra tinggi. Untuk baby sitter bisa dengan gaji bulanan Rp 500 ribu. Sedang untuk ahli anak, biaya yang dikeluarkan tentu jauh lebih tinggi. Sangat disarankan, untuk meminimalisir biaya, Anda bekerjasama saja dengan salah satu ahli anak dengan sistem bagi hasil. Demikian juga dengan baby sitter, Anda bisa menerapkan gaji minimalis yang bisa bertambah ter-gantung dengan jumlah anak yang diasuh.
•    Untuk tempat penitipan Anda bisa mengubah salah satu ruang di rumah Anda jadi taman bermain anak. Atau, jika rumah Anda tidak terlalu besar, Anda bisa menyewa tempat yang disulap jadi kantor sekaligus tempat bermain anak. Biaya sewa tempat bisa mulai dari sekitar Rp 1,5 jutaan per bulan.
Untuk karyawan di awal bisa menggunakan baby sitter satu atau dua orang dulu tergantung kebutuhan. Sedang ahli anaknya di awal bisa satu saja'dulu.
B.   Persiapan :
Untuk membuka tempat penitipan anak, mulailah dulu dari anak-anak di sekitar lingkungan yang Anda kenal. Selain lebih mudah mendapat kepercayaan karena sudah saling kenal, Anda pun lebih mudah mengontrol kondisi yang terbaik yang diinginkan anak seperti layaknya di rumah sendiri. Untuk tahap berikutnya, Anda bisa mulai dari anak-anak relasi Anda di kantor atau relasi lain yang membutuhkan jasa ini karena kesibukan di kantor. Jasa seperti ini tingkat keberhasilannya banyak dipengaruhi oleh promosi dari mulut ke mulut karena bisnis ini biasanya berlandaskan rasa keper­cayaan. Oleh karena itu, manfaatkan relasi atau rekan yang pernah menggunakan jasa Anda untuk merekomendasikan usaha ini di lingkungan mereka. Selain itu, untuk sarana pro­mosi, Anda bisa memberikan tawaran jemput dan antar anak ke rumah.
C.  Proyeksi pendapatan :
Untuk usaha jasa penitipan anak ini, Anda bisa mulai dengan harga kira-kira Rp 50 ribu per hari. Bisa kurang atau lebih dari itu tergantung pada pelayanan dan kekomplitan penitipan anak yang Anda buka.
Jika Anda menggunakan jasa ahli psikologi anak atau ahli gizi anak, Anda bisa menjadikan hal itu sebagai nilai lebih yang bisa menaikkan tarif penitipan anak yang Anda miliki.
Melalui konsultasi yang diberikan pada ibu atau keluarga si anak, Anda bersama rekan Anda bisa menawarkan harga khusus untuk itu. Jika tidak, Anda pun bisa menawarkan jasa tersebut dalam satu paket dengan harga khusus pula. Misalnya, tarif mingguan Rp 400.ribu plus konsultasi di akhir pekan.
D. Tingkat kesulitan : Relatif sulit.
Klik Like Untuk Mendapatkan Update Informasi Tentang Usaha Dan Bisnis Melalui Facebook:

Artikel Lainnya