Peluang Usaha Populer Tahun 2012

Usaha Ternak dan Pertanian yang Makin Populer di Tahun 2012

Artikel ini tidak dalam rangka latah mengikuti usaha ternak yang paling diminati di Indonesia. Karena sedikit tulisan yang saya sampaikan ini murni pemikiran pribadi yang hanya mengira-ira. Semoga tidak menjadi acuan.

Usaha bidang ternak maupun pertanian khususnya tanam menanam, menurut saya, di tahun 2012 ini beberapa diantaranya akan semakin populer atau tetap populer.

Kepopuleran tersebut saya kira karena “beberapa diantaranya” menjawab kebutuhan konsumen juga secara umum. Sehingga meningkatkan kepopuleran aktivitas produksi yang kemudian diasumsikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Atau juga selaras dengan prediksi bahwa sektor pangan menduduki peluang usaha yang menjanjikan di tahun 2012.

Yang pertama, adalah ternak ayam. Baik ayam pedaging maupun ayam petelur. Kebutuhan konsumen atas hasil produksi ternak ayam ini, salah satunya ditandai dengan ikut disebut juga tiap kali membicarakan masalah sembako (sembilan bahan pokok). Biasanya begitu. Yang lebih sering adalah telur ayam.
Untuk usaha ternak ayam ini, statusnya “bertahan kepopulerannya”, karena memang sudah lama populer.

Yang kedua, adalah ternak ikan. Saya kira untuk ternak ikan ini usaha yang akan makin populer adalah budidaya ternak ikan lele sangkuriang. Dulu pernah membaca di koran lokal, seingat saya, ikan lele sangkuriang ini merupakan F2 nya lele dumbo atau F1 nya yang dengan persilangan dengan keturunan ke berapa gitu (lupa), didapat strain lele sangkuriang ini.
 
Tapi ada yang cerita, repotnya pedagang lele, harus selalu menjaga pakan selama belum laku. Karena bobotnya cepat ngedrop kalau telat diberi pakan. Bisa merugi. Entah benar tidaknya, saya tidak paham.

Yang ketiga, adalah ternak sapi. Biarpun kemarin sempat dilanda gonjang ganjing impor, ternak sapi ini bisa kembali makin populer di tahun 2012 dan juga sebagai peluang usaha yang dianggap menjanjikan.

Yang keempat, adalah ternak bebek. Ini yang saya juga heran, kenapa ternak bebek / itik ini saya masukkan sebagai usaha ternak yang makin populer. Sepertinya telur asin telur bebek ya kemungkinan lebih marak di tahun 2012, sehingga usaha ternak bebek / itik juga ikut makin populer. Entahlah.

Yang kelima, adalah penanaman cabai / cabe. Bahan makanan yang rasanya pedas ini memang legendaris. Harganya yang sempat “pedas” juga kemarin mungkin bikin di tahun 2012 ini akan menggiurkan untuk menjadi peluang usaha yang menarik dijalani. Entah itu cabai / cabe merah, rawit, hijau, atau keriting.

Yang keenam, adalah penanaman jagung. Sudah jelas mantap kalau ini. Mudah-mudahan pas panen, tidak digoncang harga. Tapi jelas banyak juga yang melirik dan menghampiri penanaman jagung sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Artikel Lainnya