Tips Memulai Usaha Dengan Modal Kecil

Memiliki bisnis sendiri  atau usaha sendiri sebagai pemasukan tambahan bagi ibu rumah tangga rasanya adalah impian banyak ibu rumah tangga saat ini. Namun, betulkah untuk memiliki sebuah usaha diperlukan modal yang cukup besar? Ini sebuah pertanyaan yang jawabannya bisa bermacam-macam.
Dari pengalaman saya pribadi,saya bisa memulai bisnis dari modal kecil loh,cuman RP.30.000 saya sudah bisa punya usaha yang hasilnya lumayan. Ternyata inti nya adalah “ modal utama dalam membuka usaha adalah kemauan dan kerja keras”.

Btw ini tips untuk membuka usaha dengan modal kecil :
1. Kenali kemampuan atau Potensi Diri Anda
Cari tahu potensi diri anda sendiri, kemampuan apa yang anda miliki. Mungkin anda memiliki kemampuan memasak untuk membuat kue, menjahit, jualan dll.
Contoh : Anda sangat gemar menjahit dan ingin buka usaha kerajinan,maka anda bisa mencoba buka usaha kerajinan Flanel.
Anda bisa mulai membuka usaha dari kemampuan anda sendiri.tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melakukan sesuatu yang menjadi kesukaan.
Dan juga keahlian dan pengetahuan yang kita peroleh di waktu lalu akan sangat menolong kita saat ingin memulai usaha sejenis.
2.Kenali Potensi Sekitar Anda
Lihat sekitar anda, apakah ada sesutu yang dapat anda manfaatkan untuk menjadi sumber peghasilan anda. Salah satunya, apakah ada disekitar anda yang memproduksi barang atau menjual jasa? Jika ada, anda bisa menjualkan produk atau jasa mereka. Untuk barang, anda bisa menjadi reseller atau menjual kembali produk tersebut dengan keuntungan yang anda atur sendiri. Untuk jasa, anda mungkin bisa minta komisi ke pemilik jasa, tentu harus dimulai dengan perjanjian dahulu agar tidak ada yang dirugikan antara pemilik jasa dan anda sebagai penjual. Ide lain, apakah ada peralatan di rumah anda, saudara, teman yang tidak dipergunakan dan dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk menambah sumber penghasilan. Apabila barang orang lain, tentu harus minta ijin atau membuat perjanjian pembagian keuntungan.
3.Segera Promosikan Usaha atau bisnis  Anda.
Selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya adalah promosi. Anda dapat promosikan usaha anda dengan menyebar kartu nama, selebaran atau brosur, pasang iklan di koran. Bagaimana kalau promosi lewat internet? Bikin blog terus pasarin dech via internet.Nah itu ide cemerlang.

Artikel Lainnya