Bisnis yang menguntungkan
dicari banyak orang dan tidak heran pengusaha sangat antusias dalam
melakukan pembenahan dan improvisasi dalam bisnisnya. Kompetisi yang
meningkat dan iklim usaha yang tidak bersahabat kerap kali menyebabkan bisnis yang menguntungkan
berubah menjadi tidak memberikan profit yang maksimal. Belum selesai
dengan urusan krisis eropa, wacana kenaikan BBM dan tantangan antar
kompetitor yang sering membuat bisnis tidak bisa berkembang dan banyak
pebisnis yang memilih menutup usahanya. Dalam acara livetalkshow saya,
banyak yang melontarkan pertanyaan dalam isu seputar tips dan strategi
membangun bisnis yang menguntungkan.
3 Tips memasarkan produk dan jasa baru yang menambah profit bisnis:
- Memakai strategi offline dan online secara effektif
- Fokus dalam mengkomunikasikan benefits bukan hanya fitur. Contoh klasik bagaimana Pajero Sports menjadi raja SUV dalam waktu kurang dari 3 tahun. Salah benefit yang digembar-gemborkan adalah karena Pajero merupakan SUV multifungsi yang sangat digemari oleh orang Indonesia maka dengan strategi promosi yang tepat, ia menjadi ‘best-seller’ melangkahi kompetitornya.
- Beli secukupnya jangan stok lebih dari yang kita mampu. Perlu adanya koordinasi antar produksi, marketing dan penjualan agar semua lini bergerak kepada tujuan bisnis.
Bisnis yang menguntungkan
selalu disertai dengan sistem bisnis yang baik dan dalam membangun
sistem dibutuhkan kerjasama antara pemilik dan tim. Membangun tim yang
handal juga menjadi banyak tantangan begitu banyak pebisnis, dari proses
mencari,merekrut dan melatih SDM agar menjadi ‘superteam’.