1. Perencanaan –
Memang benar tanpa adanya rencana kemana Anda menuju, Anda memiliki
peluang yang kecil untuk mencapainya. Alasan nomor satu mengapa banyak
usaha baru yang gagal adalah kurangnya antisipasi mereka dalam
menghadapi masalah karena tidak adanya perencanaan.
2. Menetapkan tujuan
– Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan. Tanyakan pada
pengusaha sukses, dimanapun, jika mereka menetapkan dan mengerjakan yang
mengarah mencapai tujuan, atau mereka melakukannya "mengikuti aliran"
dan berharap yang terbaik. Jawabannya sudah jelas namun sering
diabaikan.
3. Adaptasi –
Setiap bisnis, apapun jenisnya, menghadapi tantangan dan persaingan
yang tidak ada habisnya. Diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dan
mengatasi tantangan-tantangan ini untuk menentukan apakan usaha bisa
bertahan atau tidak. Pasar dipenuhi dengan berbagai usaha yang tidak
mampu atau tidak mau beradaptasi pada perubahan.
4. Inovasi
– Lebih penting daripada sekedar mampu beradaptasi dengan perubahan
kondisi pasar, pengusaha yang sukses akan terus-menerus fokus pada upaya
mereka untuk berinovasi dan peningkatan atau membuat mereka keluar dari
bisnis saat pelanggan mencari pesaing yang menawarkan sesuatu yang
tidak Anda pikirkan .
5. Memasarkan secara konstan
– Marketing tidak hanya sekedar menjual atau mengiklankan sesuatu.
Namun ini segala sesuatu yang Anda kerjakan dan hadapi. Setiap saat Anda
berbicara dengan pelanggan, menjawab telepon, mengisi order, atau saat
berbicara dengan supplier Anda memasarkan diri Anda dan perusahaan.
6. Jangan Mengeluh
Enam elemen ini merupakan hal penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Ini akan
membantu jika Anda berpikir sebagai potongan puzzle yang harus
diletakkan bersamaan untuk mengubah ide anda, kerja keras, uang, dan
ketrampilan menjadi usaha yang sukses.