Berapa Modal Untuk Membuka Bisnis Percetakan?

Berminat untuk memiliki usaha digital printing tapi belum tahu berapa modal awal minimum yang diperlukan?  Silakan baca keterangannya di sini. Kita akan membahas tentang keperluan minimum yang harus anda siapkan sebelum anda memulai bisnis ini.

Usaha Digital Printing

usaha-digital-printing 
Mutoh VJ 1304 cocok untuk pemula dalam usaha digital printing

Untuk memulai usaha digital printing, total modal awal yang anda butuhkan adalah sekitar Rp 200 juta dengan perhitungan sebagai berikut:
  • Sewa tempat Rp 5 juta per bulan (bisa berbeda tergantung tempat)
  • Mesin digital printing Mutoh VJ 1304 Rp 155 juta (merek ini sengaja dipilih karena fleksibel bisa indoor/outdoor, jarang rusak dan jaminan dukungan penuh dari PT ASABA)
  • Tinta CMYK masing-masing 1 liter Rp 2 juta
  • Bahan cetak vinyl flexi 280 gram dan 340 gram Rp 2 juta (bisa dapat masing-masing sepanjang 100m)
  • Gaji karyawan untuk 3 orang di bulan pertama (diperkirakan) Rp 10 juta
  • Biaya lain-lain
Tentu saja perhitungan modal awal untuk memulai usaha digital printing tersebut hanya berupa garis-garis besar saja. Bila anda telah melakukan survey secara langsung dan bernegosiasi denga penjual mesin digital printing, tinta dan supplier bahan cetak maka anda akan mendapatkan bahwa modal awal yang dibutuhkan bisa saja kurand dari 200 juta.
Selain itu bila anda bisa menentukan struktur gaji karyawan dan sistem operasional yang paling tepat, anda juga bisa saja menghemat pengeluaran untuk gaji karyawan.

Artikel Lainnya