Tips Cara Memulai Dan Mengembangkan Bisnis Online

Kali ini saya ingin sedikit sharing bagaimana cara membangun bisnis online cara cepat dan mengembangkannya. Perlu di ingat saya bukanlah ahli dalam bisnis online, tetapi saya juga sedang mengembangkan bisnis online saya sendiri di bidang website. Jadi istilahnya kita sama-sama belajar disini dan apabila anda pembaca memiliki pengalaman mengenai bisnis online, bisa membagikannya di bagian komentar. Dan akan saya jadikan semacam paragraph tambahan di bawah artikel jika komentar anda sekiranya bagus dan berbobot.
Hal yang saya share disini juga adalah hasil dari saya baca-baca buku dari mentor terpercaya dan twit-twit mereka di twitter. Jadi saya membagikannya kembali ke anda yang ingin memulai bisnis online. Sebenarnya bisa di terapkan di yang bukan bisnis online saja, tapi bisa juga di bisnis konvensional / bisnis offline.

Model Bisnis Online

Bisnis online itu banyak modelnya, yang sama-sama ujungnya menghasilkan uang/make money. Bisnis online ini juga bisa perorangan ataupun punya karyawan atau tim. Semuanya ujung-ujungnya make money. Jadi model bisnis online itu sebagai berikut:
  1. Affiliasi atau reseller. yang ini, dari dulu sampe sekarang menjadi pilihan banyak orang untuk make money di internet. Affiliasi itu sendiri adalah model dimana anda menjualkan produk orang lain dan kita mendapat komisi dari sana. 
  2. Advertising. Anda punya website, kemudian website anda ramai di kunjungin. Kunjungan yang banyak tersebut memberikan peluang untuk memasang iklan di web anda. Anda bisa pasang jasa iklan buat produk orang. Dan meminta bayaran perbulannya. Atau anda bisa memasang iklan dari Google Adsense atau program PPC lain. Dimana anda mendapat uang dari setiap klik iklan yang di lakukan pengunjung.
  3. Jualan. Jualan disini bisa berupa produk nyata/real atau produk digital berupa ebook. Dan bisa juga jualan berupa Jasa.
Nah 3 model di atas adalah model bisnis online yang sering di gunakan untuk make money di internet. Ke tiga-tiganya punya satu kesamaan. Yaitu sama-sama butuh WEBSITE.

Ada yang nyeletuk.
“Ah bisnis online ga harus punya website kok”
Apakah benar? Salah. Anda harus punya website.

“Kok bisa? Sedangkan di luar sana ada orang yang berhasil jualan ga harus pakai website”.
Yang di maksud Website disini adalah punya website sendiri, yang di buat sendiri, install sendiri. Apapun itu di internet gak akan kelihatan kalau gak ada website. Benerkan?.

“Lha temenku bisa kok jualan di facebook dan twitter!, ga pake website tuch!”
Walah ni orang nyolot banget -__-“. Facebook dan twitter kan “Website” gan.

“Masa?”
iya bener. maksa banget lo jadi makhluk

Oke. Intinya bisnis online itu butuh website. Yang bilang ga pake website itu karena mereka pake layanan gratis dari WEBSITE yang menyediakan layanan tersebut. Lagi2 WEBSITE bukan???
Layanan gratis ini seperti forum jual beli gratis, blog gratis, iklan online gratis, social media macam FB dan Twitter, dan lain sebagainya. Titik!

Bagaimana cara membuka bisnis online.

Bagaimana caranya? Caranya ya “Di BUKA”. Ya mau cara apalagi. Cara paling ampuh adalah bisnis onlinenya di buka sekarang juga. Begini ringkasnya:
  1. Anda sekiranya punya ide bisnis, entah itu jasa yang berhubungan dengan skill anda, atau anda sudah punya produk sendiri. Riset lah pasar sekiranya saja. Cara riset online ini banyak caranya. Cari Di Google ya.
  2. Kalau udah ya BUKA!. Caranya? Bikin website dari layanan blog gratis untuk awalnya kalau belum sanggup bikin website professional. Buat penawaran jasa atau mengenai produk anda di blog. Dan publish.
  3. Lalu promosi via FB atau Twitter. Atau mouth to mouth.
  4. Selesai.
Ada yang nyeletuk lagi
“Ah, tips apaan nih? Ga mutu banget, ga jelas. Bisnis kan harus uji kelayakan dulu, riset pasar dulu, modalnya berapa, dll”
Bisa begitu, kalau uang nya banyak. Tapi tiba2 ga layak, terus pasar ga da pasar, hayoo, berapa uang lo habis untuk riset dan uji kelayakan. Kalau yang ga punya modal cukup piye?
“Hmmm, tapi kan itu belum sempurna!?”
Ya sempurnakan sambil jalan. Gini gan. Kalau ente banyak mikir ini itu, kapan ente mau buka usaha? Nunggu sempurna? Tuh tetangga sebelah udah buku duluan. Hayoo mau gimana?
Jadi intinya apabila anda ingin membuka bisnis online, ya tinggal BUKA saja. Dengan bantuan website. Kalau terlalu banyak mikir ini itu, malah nantinya anda takut untuk berbisnis. Sempurnakan saja sambil jalan. Toh masih gratis, yakan. Sempurnakan sambil jalan dengan belajar lebih buat internet marketingnya dan memperbaiki produknya. Itulah yang saya pelajari dari mereka2 mentor yg membangun usahanya. :)

Artikel Lainnya