Tips Ampuh Menjual Apa Saja Secara Online


Produk pemasaran online memang tidak terbatas. Produk atau jasa apa pun dapat dipasarkan secara online melalui internet, mulai dari pakaian, alat-alat rumah tangga, aksesori, makanan, pakaian, beragam jasa, hingga produk digital. Namun, kenyataannya tidak semua produk pemasaran online dapat sukses dipasarkan kepada konsumen. Ada sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi para pelaku bisnis online agar produk pemasaran yang mereka jual dapat laku.

Cara melakukan pemasaran online sangat beragam. Para pelaku binis online harus mampu menggunakan cara-cara dan pendekatan yang tepat agar bisnisnya berhasil. Cara tepat untuk memasarkan produk online tentu berbeda-beda antara produk yang satu dengan yang lain. Secara umum, untuk meraih sukses menjual produk pemasaran online yang berupa barang-barang, dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

1. Miliki web atau blog
Jika Anda ingin memasarkan produk secara online, maka Anda mutlak harus memiliki blog atau web. Bisa saja pemasaran online dilakukan hanya melalui email, akan tetapi kemampuannya untuk menarik minat konsumen tentulah tidak sebesar jika Anda berjualan menggunakan blog atau web.

2. Pastikan barang yang Anda jual banyak dicari melalui internet
Pilihlah barang-barang jualan yang memang konsumen banyak mencarinya secara online. Anda pasti memiliki gambaran bahwa menjual sembako secara online adalah keputusan yang kurang tepat. Kemungkinan berhasilnya pun kecil karena barang-barang jenis ini mudah saja ditemukan di warung sebelah rumah tanpa harus melakukan transaksi secara online.
Pilihlah barang-barang yang unik untuk dijual sehingga pembeli akan membelinya dari Anda karena mereka sulit menemukannya di tempat lain.

3. Lakukan promosi secara kontiniu
Promosi akan meningkatkan brand awareness bagi konsumen sehingga ketika konsumen membutuhkan produk sejenis dengan yang Anda jual, Andalah penjual yang pertama akan dituju. Hal ini karena keberadaan Anda sebagai pelaku bisnis suatu jenis barang telah tertanam kuat di benak konsumen.

4. Lakukan promosi menggunkan media yang tepat
Ada banyak komunitas, forum, dan jaringan sosial yang di dalamnya berkumpul orang-orang yang biasanya memiliki kesamaan hobi atau minat. Anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan barang yang Anda jual sekiranya karakter barang tersebut sesuai dengan minat orang-orang di suatu forum atau komunitas.

5. Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen
Pembeli adalah raja. Penjual harus berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan atau servis yang memuaskan. Pembeli yang puas biasanya akan menyebarkan informasi positif tentang produk dan perusahaan Anda kepada orang-orang di sekitarnya, dan kemungkinan besar mereka pun akan tertarik untuk menjadi konsumen Anda. Pembeli yang puas biasanya juga akan kembali melakukan pembelian di waktu mendatang.
Untuk memuaskan pembeli dapat dilakukan dengan cara-cara, antara lain komunikasi yang memberikan kenyamanan, prosedur pemesanan dan pembayaran yang mudah, ketepatan waktu pengiriman, dan kesesuain barang yang dipesan dengan yang ada di katalog.

6. Membangun citra sebagi perusahaan yang terpercaya
Sebelum membeli barang secara online, konsumen pasti telah mencari banyak informasi dari bebagai sumber tentang kredibilitas perusahaan Anda dan kualitas barang yang Anda jual. Jadi, agar Anda memiliki citra positif yang mampu menciptakan kepercayaan konsumen, Anda mesti menjalankan bisnis Anda secara jujur dan bertanggung jawab. Berikan data diri dan alamat perusahaan yang jelas, dan ke mana pembeli harus melakukan berbagai konfirmasi jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan.

7. Adakan program-program menarik
Konsumen selalu tertarik dengan program-program khusus dari penjual yang dirasa menguntungkan mereka. Celah ini harus Anda manfaatkan untuk menigkatkan penjualan produk Anda. Program tersebut, misalnya diskon, bonus, potongan harga untuk pembelian dalam jumlah tertentu, atau hadiah jika seseorang berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk Anda.

8. Tampilkan foto produk Anda secara jelas di web atau blog
Konsumen yang akan membeli barang secara online tentu ingin melihat produk yang hendak dibelinya dengan jelas. Oleh karena itu, tampilkan foto dari barang-barang yang Anda jual dan berikan detail spesifikasinya.

9. Selektif memilih perusahaan jasa pengantaran
Bekerja samalah hanya dengan perusahaan jasa pengantaran barang yang terpercaya sehingga barang-barang yang Anda jual dipastikan sampai ke tangan pembeli tepat waktu dan tanpa mengalami kerusakan atau jumlahnya berkurang.

10. Berikan jaminan
Berikan jaminan kepada konsumen jika mereka menerima barang yang rusak, tidak sesuai pesanan, pengirimannya tidak tepat waktu, atau barang tidak sampai. Jaminan dapat berupa penggantian barang, potongan harga, atau pengembalian uang pembelian.
Bisnis online memang menjanjikan peluang tanpa batas. Namun, untuk meraih sukses di bisnis ini Anda perlu bekerja keras untuk dapat menarik sebanyak mungkin pembeli. Tips sukses menjual produk pemasaran online di atas dapat Anda jalankan jika Anda bergerak di bidang penjualan barang.
Klik Like Untuk Mendapatkan Update Informasi Tentang Usaha Dan Bisnis Melalui Facebook:

Artikel Lainnya