Cara Mempromosikan Usaha Lewat Internet Paling Ampuh

Jika Anda baru saja mulai bisnis Anda sendiri pastinya masih banyak yang harus dilakukan. Mulai dari memikirkan strategi bisnis, mencari supplier, bahkan mempromosikan usaha Anda. Ada banyak cara untuk mempromosikan usaha; bisa melalui iklan di Koran, menyebarkan brosur, dari mulut ke mulut, dan cara yang lagi banyak diterapkan saat ini yaitu cara mempromosikan bisnis secara online. Berikut cara efektif yang dilansir oleh idiva untuk mempromosikan usaha Anda secara online.




Cara Mempromosikan Bisnis Secara Online
9 Cara Mempromosikan Bisnis Secara Online


Membuat Facebook page
Membuat facebook page adalah salah satu cara untuk membangun komunitas di sekitar bisnis Anda. Sebagai permulaan, upload foto yang menarik yang menampilkan produk Anda, toko atau bahkan gambar yang bisa memberikan informasi tentang apa bisnis Anda. Logo merek bisa dijadikan foto tampilan awal di facebook page. Setelah membuat halaman facebook, Anda bisa membagikan dan men share halaman tersebut ke orang-orang terdekat baik itu keluarga, teman dan orang lain. Mintalah ke orang-orang terdekat untuk menyebarkan facebook page Anda.

Berbagi foto di Pinterest
Pinterest bisa menjadi ajang pengenalan dari produk yang Anda jual. Banyak orang yang melihat foto-foto melalui Pinterest, mencari foto produk-produk yang indah, keren dan foto yang lucu-lucu. Pinboard online ini memungkinkan Anda untuk memperluas pasar Anda; tidak terbatas pada daerah atau Negara tertentu saja. Apa yang Anda lakukan hanyalah menge klik dan berbagi.

Aktif di situs media sosial atau jejaring sosial
Cara Mempromosikan Bisnis Secara OnlineSangat banyak media sosial yang bisa menjadi media promosi; selain facebook dan pinterest, ada juga twitter. Anda perlu menjalankannya secara aktif. Mempromosikan sesuatu memang harus aktif terutama apabila ini menyangkut usaha Anda. Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk membuat posting foto, kutipan menarik, survey,dll setiap harinya yang berhubungan dengan bisnis Anda dan seiring waktu komunitas yang terbentuk juga akan semakin banyak.

Membuat blog
Buatlah beberapa blog tentang bisnis Anda. Respon yang didapat mungkin tidak besar pada awalnya tetapi segera ketika Anda rajin menulis posting baru, posting link di Facebook dan Twitter atau mengirim link ke teman-teman melalui email; secara bertahap pasti aka nada respon balik.

Membuat Jaringan dengan orang-orang dengan bisnis serupa
Bangun jaringan dengan orang-orang dengan bisnis serupa; bukan berarti Anda perlu berteman dengan kompetisi Anda. Akan tetapi bangunlah jaringan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kue; Anda bisa mengikuti grup-grup tentang masakan, dekorasi makanan, dan berteman dengan orang-orang yang memiliki toko makanan,dll. Berbagi pekerjaan Anda dengan mereka juga dapat menambah wawasan tentang bagaimana untuk menjalankan bisnis Anda.

Selalu dapat diakses
Ketika telah membuat akun di berbagai sosial media; Apa selanjutnya yang perlu dilakukan? Pastikan untuk melengkapi data diri Anda di data personalisasi; berikan alamat email atau nomor kontak agar orang-orang bisa menghubungi Anda. Dengan memberikan nomor kontak, pastikan juga bahwa nomor yang diberikan selalu dapat diakses.

Membuat kontes, undian,dll
Semua orang menyukai hal-hal yang gratis. Ini salah satu cara Anda untuk mempromosikan bisnis Anda yaitu dengan membuat kontes sederhana di media online dan meminta orang untuk mengambil bagian dalam kontes tersebut untuk memenangkan produk Anda. Jangan lupa untuk meminta orang untuk retweet kontes pada teman dan keluarga mereka.

Membuat website Anda sendiri
Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa Facebook, twitter dan situs media sosial lainnya sangat cukup untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, sebuah situs website adalah yang paling efisien. Sangat sering orang menggunakan Google untuk menemukan apa yang mereka cari dan mesin pencari Google akan menampilkan situs website yang berhubungan dengan pencarian. Tidak banyak biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website; Anda bisa menyewa seorang profesional untuk membangun satu website yang berisi bisnis Anda.

Mencetak situs web/blog, dll pada kartu bisnis Anda
Setiap usaha yang dijalankan, sebaiknya memiliki kartu nama dimana Anda bisa lebih meyakinkan orang untuk mempercayai produk Anda. Beri detail yang lengkap tapi informatif di kartu bisnis Anda; seperti website dan/atau blog Anda. Jangan lupa untuk meminta orang untuk mengecek website untuk melihat detail dari bisnis Anda.

Mendaftarkan bisnis Anda di beberapa situs direktori
Daftarkan bisnis Anda secara gratis pada website direktori yang banyak tersedia secara luas di internet; dimana orang-orang mencari informasi tentang suatu produk atau mencari barang. Banyak orang masuk ke situs-situs seperti ini setiap harinya untuk mencari berbagai produk dan jasa. Hal ini sangat mungkin untuk memberikan Anda pembeli yang potensial.

Cara Mempromosikan Bisnis Secara Online Menjadi seorang pengusaha memang tidak mudah sebelum menggapai keberhasilan pasti dibutuhkan banyak usaha untuk mulai mengembangkan usaha. Mulai dari usaha kecil dan lama kelamaan bisa menjadi usaha yang besar. Beberapa cara mempromosikan usaha dapat diterapkan; mulai dari yang gratis bahkan hingga yang berbayar. Semua ini tergantung dari kesanggupan Anda untuk mengalokasikan dana untuk promosi. What do you think? Semoga informasi ini berguna.

Sumber : http://artikelpilihan.com/cara-mempromosikan-bisnis-secara-online.html

Artikel Lainnya